Friday 29 November 2013

Bubur Kacang Ijo



Bubur Kacang Ijo makanan yang sesuai menemani suasana sejuk pagi hari yang menusuk tulang. Kenikmatan yang diberikan oleh makanan ini sungguh pas untuk menghangatkan badan dan menikmati suasana pagi sebelum memulai aktifitas yang begitu padat. Mendengar namanya tentu sudah ada di benak kita bahwa makanan ini terbuat dari kacang hijau. Memang benar makanan ini terbuat dari bahan dasar kacang hijau yang ditambah kuah santan. Biasanya juga ditambah dengan ketan hitam sebagai campuran dari kacang hijau.
Bubur kacang ijo atau bubur kacang hijau ini bisa dengan mudah kita temukan di penjual keliling dengan gerobaknya ataupun di warung-warung pinggir jalan. Jika kita beli di penjual gerobak yang biasanya lewat di pagi hari, harga yang ditawarkan sangat terjangkau hanya 3rb perak kita bisa mendapatkan seporsi.

Selain Di pagi hari banyak juga yang menjualnya di malam hari sebagai makanan pengganjal perut saat mulai merasa keroncongan. Jika kita merasa tidak puas dengan beli di warung atau penjual lain kita bisa membuatnya sendiri dirumah sehingga bisa dinikmati bersama keluarga. berikut ini disajikan resep dan cara membuatnya yang diambil dari
http://www.ukmkecil.com/kursus/aneka-resep-bubur-kacang-hijau

Resep Bubur Kacang Hijau

Bahan Bubur Kacang Hijau :
250 gram Kacang hijau
175 gram Gula pasir
1 liter Air
1/2 sdt Garam
1/2 sdt Vanili
200 ml Santan
1/4 sdt Garam
2 lembar Daun pandan

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau :

Rendam kacang hijau selama 6 jam. Sesudah itu cuci bersih lalu tiriskan.
Rebus air dengan seperdua sendok teh garam dan vanili bubuk sampai air tersebut mendidih.
Masukkan kacang hijau yang sudah dibersihkan ke dalam air campuran garam dan vanili tadi. Masak sampai kacang hijau menjadi empuk.
Masukkan gula pasir sambil aduk terus sampai mengental dan kacang hijau matang. Tanda kacang hijau matang terlihat pada bijinya yang pecah. Selanjutnya angkat kacang hijau dan simpan di wadah terpisah.
Buat santan untuk kuah kacang hijau. Rebus santan dengan 1/4 sdt garam dan juga daun pandan sampai mendidih. Sesudah matang angkat dan simpan di wadah yang lain.

0 comments:

Post a Comment

Posting Lama ►
 

Followers

Copyright © 2012. Wenakk,,,Mantepp,,,Jozz,,, - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Blog Bamz