Tuesday 29 October 2013

Dorokdok atau Rambak

            
Dorokdok atau Rambak merupakan makanan kering yang terbuat dari kulit sapi. Dorodok bisa juga disebut kerupuk karena bentuknya yang tipis dan digoreng layaknya kerupuk dengan perpaduan bumbu dan rempah – rempah yang menggoyang lidah. Jika kita berkunjung ke kota Dodol (Garut) maka makanan ini sangat mudah untuk ditemui. Selain terkenal dengan Dodol dan Domba, Garut juga salah satu sentra penghasil produk olahan dari kulit seperti tas dan dorokdok ini.

    Dorokdok, dinamakan demikian karena ketika dikunyah oleh gigi, menimbulkan suara Dorok dok dorok dok.....!! Jika kita makan kerupuk ini jangan lupa menyediakan Air minum karena bisa menimbulkan “kesereten” dalam bahasa jawa yang artinya tenggorokan akan terasa sangat kering sehingga dan harus mendapat asupan air untuk melegakan tengorokan kembali.
            
    Selain terkenal di Garut, makanan ini juga banyak di temui di Jawa Timur. Mojokerto adalah salah satu penghasil makanan ini namun jika disana namanya bukan lagi Dorokdok melainkan Kerupuk Rambak. pembuatan yang cukup rumit dari makanan ini sehingga praktisnya adalah langsung membeli di penjual. Ada yang menjualnya dalam bentuk masih mentah serta ada juga yang siap makan. Harga juga lumayan mahal karena bahan baku dan pengolahan yang cukup panjang,

      Jika Kita ingin bereksperimen maka tidak ada salahnya, berikut ini ada resep cara membuatanya yang diambil dari http://yupicskull.blogspot.com/2009/06/cara-pembuatan-krupuk-rambak.html


Bahan-bahan


· Kulit sapi 1 kg

· Bawang putih ¼ ons

· Garam ½ ons

· Gula ¼ ons

· Air kapur secukupnya


Proses Pembuatan

· Rendam kulit sapi/kerbau dalam air kapur selama 48 jam, lalu keroklah (hilangkan) bulu-bulunya dengan pisau. Kulit yang sudah bersih lalu dijemur dengan membentangkannya (lihat gambar). Bila sudah kering potonglah kulit dengan gunting besar dengan ukuran 3 cm × 5 cm atau sesuai selera. Ingat, potongan juga mempengaruhi penampilan kerupuk yang akan berpengaruh pada daya tarik konsumen.

· Haluskan bawang putih, garam, dan gula. Lalu rebuslah potongan kulit dan tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Biarkan sampai kulit masak (tandanya kulit tampak transparan). Angkat dan tiriskan, lalu jemur sampai kering.

· Kerupuk rambak mentah siap digoreng. Penggorengan tahap pertama dilakukan di atas api kecil (minyak jangan sampai mendidih/bergejolak) hingga kerupuk agak mekar lalu angkat dan tiriskan.

· Penggorengan tahap kedua dilakukan di atas api besar sehingga minyak goreng mendidih/bergejolak. Penggorengan di atas api besar ini untuk menghasilkan kerupuk yang matang dan mekarnya optimal.

· Setelah mekar dan matang, angkat lalu tiriskan. Setelah dingin, kerupuk rambak siap dikemas dan siap dipasarkan.

Terima kasih telah membaca artikel ini J



0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Followers

Copyright © 2012. Wenakk,,,Mantepp,,,Jozz,,, - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Blog Bamz