Monday 29 April 2013

Kue Bacang


Mungkin kita tidak pernah menyangka bahwa kue tradisional berbentuk limas segitiga yang biasa dikenal dengan nama Bakcang atau Kue Bacang termasuk jajanan tradisonal Tionghua yang telah beredar banyak di Indonesia. Kue Bacang termasuk makanan yang unik dengan pembungkus dari daun Bambu dan diikat dengan tali rafia, kue ini biasanya didalamnya diisi daging bahkan jahe, seledri dan aneka sayuran lainnya.

Di indonesia sendiri kue bacang biasa diisi dengan abon, daging  atau oncom. Jika kita membandingkan kue ini dengan kue asli di Indonesia maka sepintas akan terlihat sama dengan Kue Lemper yang memiliki Isi didalam kuenya dan terbuat dari Beras ketan, namun terdapat perbedaan yang mencolok yaitu Kue bacang dibungkus bebentuk limas segitiga. Pembuatan ini Bacang tidak terlalu sulit hanya saja saat membungkus membentuk limas segitiga memang kalo yang belum terbiasa akan merasa kesulitan.

Berikut ini ada Resep cara Membuat Kue Bacang yang saya ambil dari http://www.masakkue.com/2012/11/cara-membuat-kue-bacang.html

Bahan Kue Bacang:
 
beras ketan 1 liter 
Bawang putih 3 siung
garam secukupnya
air 400 cc 

Bahan isi Bacang :
daging ayam 250 gram ( potong cincang)
udang kering 3 sendok makan 
8 buir telur asin, ambil merahnya
2 buah jamur hioko, rendam
bawang putih 5 siung  (cincang halus )
saus tiram 3 Sdm
kecap manis 4 sdm
kecap asin 1 sdm
gula pasir 3 sdm
lada 1 sdt
garam secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Resep Kue Bacang :
·         membuat isi : Panaskan minyak, tumis bawang sampai beraroma harum, setelah itu masukkan potongan daging ayam, udang kering, serta semua bumbu. Aduk, angkat dan sisihkan.
·         Untuk Beras : Panaskan minyak, tumis bawang putih sampai harum, kemudian masukan beras ketan tambahkan kecap dan garam. Aduk rata lalu masukan air sedikit demi sedikit, masak hingga air habis.
·         Selanjutnya bungkus beras dengan 2 lembar daun bambu membentuk contong kecil IKat rapi . Jangan lupa memasukan isi bacang kedalam beras.
·         Rebus bacang selama dua jam, bacang harus selalu terendam air agar matangnya sempurna.
·         Angkat dan tiriskan agar air dapat keluar. Bacang nikmat disantap hangat hangat.


Selamat Menikmati.......!!!???


0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Followers

Copyright © 2012. Wenakk,,,Mantepp,,,Jozz,,, - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Blog Bamz