Saturday 27 April 2013

Bakso




Berbicara soal makanan yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita, makanan yang sangat mudah dijumpai diberbagai tempat bahkan sekitar rumah kita masing – masing, banyak yang jualan lewat gerobak- gerobak serta banyak juga bediri kedai- kedai Bakso yang menawarkan dengan cita rasa yang beragam menurut keunikan resepnya.

Bakso atau Bola Daging yang dalam bahasa internasionalnya menjadi “Meat Ball” menjadi salah satu makanan yang banyak digemari di negeri ini termasuk aku juga yang penggila bakso, hampir disetiap tempat baru yang aku kunjungi aku selalu ingin mencarinya.


Tiap daerah memiliki keunikan masing- masing mengenai bakso, misal saja di tempatku  Bangil – Pasuruan sebutan untuk bakso ini adalah Pentol. Bakso sendiri identik dengan bentuknya yang bulat dan terbuat dari daging sapi, namun seiring dengan zaman yang berkembang diikuti dengan kreaftifitas banyak kreasi- kreasi dengan bakso, ada bakso urat, bakso keju, bakso lonjong, bakso kotak, bakso tomat, dan banyak lagi macam bakso yang lainnya.

Selain banyak macam dan juga penyebutannya, dalam penyajiannya bakso memiliki keragaman serupa dan mungkin akan berbeda tiap daerah, ada yang disajikan dengan kuah dicampur dengan tambahan tahu, goreng, siomay, mie kuning, mie putih, Su’un, bihun, dsb. Ada juga yang hanya bakso dengan kuahnya saja, bakso dijakarta dan sekitarnya identik dengan adanya tambahan toge, hal ini yang tidak aku temukan saat aku berada di Jatim. Selain itu jika kita berada di tanah Sunda ada juga semacam bakso yang disebut dengan Cwangki.



0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru
 

Followers

Copyright © 2012. Wenakk,,,Mantepp,,,Jozz,,, - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Blog Bamz