Monday 24 June 2013

Kue Pancong atau Kue Rangin


Kue Pancong atau Kue Rangin – kue yang sama namun memiliki nama yang berbeda di masing – masing daerah. ada juga yang menyebutnya kue Brandos. Jika Anda sekalian berdomisili di Betawi maka sudah tak akan asing dengan kue yang satu ini serta banyak ditemui dan dijual di gerobak – gerobak dengan harga yang murah meriah. Jika dilihat kue ini sepintas mirip dengan Kue Pukis dalam segi penampangnya namun sangat jauh beda dalam segi rasa.


Kue pancong ini rasanya Gurih dan Enak kalau menurut admin tidak membuat “Neg”. Dulu saat belum masih kecil admin tahunya kue ini adalah kue Rangin dan dijual dijajakan disekolah – sekolah. Kue Rangin ada bermacam – macam, ada yang dulu admin tahu saat pembuatannya gulanya langsung dimasukkan saat kue agak setengah matang dan adonan berupa adonan agak padat. Dan yang umum adalah adonan cair dengan dicetak dalam cetakan lalu setelah matang disajian dengan gula pasir.
Langsung saja jika anda berkenan ingin Membuat kue yang gurih ini berikut resep yang bisa admin berikan yang di ambil dari http://bloggueoke.blogspot.com

Bahan Membuat Kue Pancong:
·         1 sendok teh garam
·         1 lembar keju, iris kecil
·         250 gram kelapa parut setengah tua
·         250 gram tepung beras
·         600 ml santan
·         75 gr kelapa parut
Cara Membuat Kue Pancong:
·         Langkah pertama, campurkan parutan kelapa dengan garam dan tepung beras, lalu aduk merata.
·         Masukkan yang sudah direbus sebelumnya sedikit demi sedikit pada adonan tepung beras hingga santan habis sambil diuleni.
·         Sebelum digunakan, cetakan Kue Pancong harus dipanaskan terlebih dahulu, kemudian masukkan adonan kue ke dalam cetakan, berikan irisan keju lalu tutup cetakan.
·         Tunggu hingga masak, lalu angkat.
·         Sajikan selagi masih hangat.
Tips dan Trik Membuat Kue Pancong:
·         Jika tidak ada keju lembaran, Anda bisa menggunakan keju batangan, kemudian iris kecil keju dan tipis keju tersebut.
·         Agar kue matang secara merata (hingga ke bagian dalam kue), gunakan api kecil waktu memanggang kue.
·         Agar lebih kaya rasa, selain irisan keju Anda bisa menambahkan topping dengan berbagai rasa, coklat, kismis, daging ayam, dan lain-lain sesuai dengan selera Anda.
*Resep Kue Pancong untuk 24 buah (1 buah kue sama dengan 65 Kalori).
Sekian Postingan mengenai Kue Pancong atau Kue Rangin ini, makanan tradisional yang sangat gurih dan menggoda lidah anda.

Selamat mencobanya dirumah J

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Followers

Copyright © 2012. Wenakk,,,Mantepp,,,Jozz,,, - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Blog Bamz